Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gejala Yang Dirasakan Pada Penderita Tumor Otak

SEHATSEMUAmy.id - Secara medis, tumor otak dibagi menjadi dua, yaitu tumor otak Jinak dan tumor otak Ganas. Tumor otak jinak dapat di katakan jika sel jahat yang berkembang di bagian otak masih dibatas normal, dan masih sangat bisa untuk disembuhkan. Sedangkan tumor otak ganas yaitu pertumbuh atau perkembangan sel jahat yang dibatas ambang normal, dan kemungkinan untuk kesembuhan hanya minim.

Untuk mengetahui apakah kita sedang memiliki atau menderita tumor otak, kenali gejala-gejala tumor otak seperti berikut:

Sakit kepala

Banyak orang berfikir, jika kita sakit kepala hanyalah nyeri sesaat dan tidak dilakukan tindakan medis lainnya. Namun, jika sakit kepala datang terus menerus setiap harinya dan rasa nyeri yang lebih nyeri dari sakit kepala lainnya, anda harus mewaspadainya dan disarankan untuk cek lebih lanjut ke dokter. Karna 50 persen penderita Timor otak berawal dari gejala sakit kepala.

Dilansir dari Healthline, tumor otak menekan saraf dan pembuluh darah di otak. Dampaknya penderita Timor otak merasakan sakit kepala. Selain hanya nyeri pada bagian kepala, biasanya didampingi muntah dan dapat bertambah parah jika dibawa untuk berolahraga, batuk, atupun bergerak.

Kejang

Tumor otak dapat menekan sel saraf di otak, mengganggu sinyal kelistrikan otak, dan memicu terjadinya kejang. Kejang biasanya menjadi gejala awal terjadinya tumor otak. Namun, kejang tidak semuanya menjadi tumor otak. Bisa jadi kejang adalah gejala awal penyakit lainnya. Penyebab kejang lainnya bisa Karna masalah saraf, penyakit otak, atau efek samping obat tertentu.

Perubahan Suasana Hati

Munculnya tumor pada otak bisa mengganggu fungsi otak yang dapat berlanjut pada kepribadian, perilaku, dan suasana hati penderitanya yang gampang merasa gelisah.

Hal ini dikarenakan terdapat sel tidak normal tumbuh di dekat otak besar, lobus, frontal, dan lobus temporal. Gejala ini dialami biasanya setelah melakukan perawatan medis.

Mudah lupa dan sering bingung

Tumor di lobus frontal atau temporal dapat menyebabkan gangguan memori atau daya ingat yang membuat kita mudah lupa, susah konsentrasi serta mudah bingung. 

Tetapi, tidak semua gejala ini menandakan terjadinya tumor otak. Gejala inipun bisa jadi karena kurangnya vitamin yang kita konsumsi dan mengakibatkan gangguan emosional.

Gampang lelah

Gejala berikut nya yang dapat anda rasakan adalah, sangat mudah untuk lelah. Tidak seperti biasanya, yang hanya melakukan aktivitas fisik biasa atau normal, tapi badan sudah tersat sangat lelah. Itu bisa saja gejala awal bahwa anda sedang menderita penyakit tumor otak.

Tetapi mudah lelah tidak hanya gejala awal penyakit tumor otak. Gejala ini bisa jadi karena penyakit autoimun, gangguan saraf, dan anemia juga dapat membuat penderitanya mudah lelah.

Mual dan muntah

Kondisi ini dipengaruhi oleh ketidakseimbangan hormon saat tumor tumbuh. Terkadang, gejala mual dan muntah juga berlanjut pada tahap lain tumor otak. Biasanya mual dan muntah di sebabkan oleh efek samping pengobatan.

Kesemutan dan mati rasa

Apabila kesemutan dan mati rasa hanya muncul di satu bagian tubuh saja, bisa saja itu adalah tanda awal terjadinya tumor otak.
Bisa saja, kesemutan dan mati rasa juga dapat menjadi tanda penyakit multiple sclerosis, diabetes Neuropati, dan sindrom Guillain-Barre, ataupun yang lainnya.


Sebaiknya jika anda telah merasakan beberapa gejala awal tumor otak, sebaiknya anda berkonsultasi lebih ke Dokter. Karna jika anda berkonsultasi lebih cepat saat tumor otak tersebut masih jinak, anda akan lebih gampang untuk disembuhkan. Tetapi jika tumor jinak itu sudah berubah menjadi tumor ganas, itu menjadikan penyakit tumor otak lebih sulit untuk disembuhkan

Posting Komentar untuk "Gejala Yang Dirasakan Pada Penderita Tumor Otak"