Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengobati Mata Minus


SEHATSEMUA.my.id - Mata Minus merupakan kondisi dimana anda tidak dapat melihat objek secara jelas. Jika Kita sudah memiliki mata minus, alangkah baiknya kita memakai kacamata sebagai alat pengobatan dan memperjelas Pengelihatan kita. Banyak orang didunia ini yang memiliki mata minus, ada yang terlahir dengan mata minus, ada pula yang memiliki mata minus saat ia sudah dewasa. 

Mata Minus dibagi menjadi dua, yaitu Rabun jauh (Miopi) dan Rabun dekat (Hipermetropi). Rabun jauh atau Miopi adalah keadaan dimana anda tidak dapat melihat objek dengan jarak yang jauh. Sedangkan rabun dekat atau Hipermetropi, adalah anda tidak dapat melihat objek secara dekat. 

Baca juga artikel lainnya:

Berikut adalah penyebab terjadinya mata minus antara lain adalah.

1. Kebiasaan buruk 

Banyak orang-orang yang tidak tahu apa akibatnya dari kebiasaan buruk yang mereka lakukan setiap hari. Contoh ; Membaca/bermain Hp sambil tiduran, memandang layar Hp yang terus menerus, atau membaca ditempat yang kurang cahaya (remang), melihat Televisi atau komputer dengan jarak pandang yang terlalu dekat. Banyak orang yang masih tahu betapa bahanya jika kita terus melakukan kebiasaan buruk tersebut.

2. Faktor genetis atau keturunan

Banyak anak-anak bahkan bayi yang masih berumur tujuh tahun kebawah tapi sudah memiliki mata minus. Mata minus tersebut bukan berarti ia selalu melakukan kebiasaan buruk seperti yang dijelaskan diatas. Mata minus tersebut adalah bawaan dari orang tua mereka yang memiliki keadaan mata yang sama. Oleh karena itu, banyak anak-anak yang sudah memakai Kacamata minus saat masih kecil.

3. Pola makan yang buruk

Banyak orang-orang yang tidak menyukai sayuran, padahal kandungan dari sayur-sayuran itulah yang paling tubuh kita butuhkan. Karna banyak vitamin-vitamin yang terkandung didalamnya, termasuk Vitamin-A dan Vitamin-C. Dengan tidak mengonsumsi nya makanan yang mengandung Vitamin-A dan Vitamin-C, hal tersebut yang mempercepat kerusakan pada mata anda.

Jika kita sudah mengetahui hal-hal yang membuat mata kita minus, lanjut ke pembahasan selanjutnya. Ialah Cara Mengobati Mata Minus.

1. Lakukan olahraga mata

Olahraga mata bisa kita lakukan setiap hari dimana pun anda berada. Cara melakukan olahraga ini anda tinggal mengerakkan Bola mata anda secara memutar searah jarum jam, dan sebaliknya. Lakukan olahraga ini setiap hari setidaknya ±10menit.


2. Lakukan pemijatan pada mata

Pemijatan mata bisa anda lakukan mulai dari pelipis menggunakan Jari-jari anda sebanyak 20 kali gerakan memutar berlawanan dengan arah jarum jam. Berikutnya, lakukan gerakan memutar searah jarum jam. Terakhir tempelkan jari-jari anda tepat dibawah mata pada tulang yang bisa anda rasakan, pijatlah secara perlahan ke bagian luar untuk mengakhiri olahraga mata.

3. Refleksi mata

Setelah anda bangun tidur pada pagi hari, anda bisa ke luar rumah untuk melihat pemandangan dengan jarak yang cukup jauh. Atau anda bisa lakukan itu pada sore hari selama ±10 menit, lebih lama lebih baik.


4. Latihan fokus

Anda dapat mengambil pulpen atau 
sebagainya dan letakan tepat didepan mata anda dengan jarak 15-30cm. Fokuskan mata anda pada objek tersebut, lalu goyangkan pulpen kedepan dan belakang. Lakukan kegiatan fokus mata sekurang-kurangnya 10 kali gerakan.

5. Mengonsumsi sayuran dan buah

Mengonsumsi Sayur-sayuran dan buah sangat baik untuk mata. Karna kandungan pada Sayuran dan buah yang memiliki Vitamin-A dan Vitamin-C seperti ; wortel, brokoli, bayam, tomat, dan sebagainya. Dengan mengonsumsi makanan tersebut, dapat membantu mempercepat mengurangi mata Minus.

Dari langkah-langkah diatas jika tidak ada perubahan yang terjadi pada mata anda yang dapat anda rasakan, anda bisa memeriksakannya kepada dokter mata. Tetapi alangkah baiknya kita terlebih dahulu untuk mencoba cara-cara diatas. Semoga mata anda bisa kembali normal.

Posting Komentar untuk "Cara Mengobati Mata Minus"